DPP PUI Gelar Pelatihan Jurnalistik di Bandung

DPP PUI Gelar Pelatihan Jurnalistik di Bandung
Puijabar.org, Bandung -- Dewan Pengurus Pusat Persatuan Ummat Islam (DPP PUI)  mengadakan training jurnalistik di Hotel Kanira Bandung Selasa (15/3/2016).

Pelatihan diikuti sejumlah pengurus PUI dari berbagai daerah, termasuk Bandung , Jakarta, Tasikmalaya, Garut, dan Majalengka.

Sekretaris Jendral DPP PUI Iman Budiman dalam sambutan pembukaannya menyatakan, PUI harus memanfaatkan media sebagai sarana dakwah dan sosialisasi program & kegiatan.

“Pelatihan jurnalistik ini merupakan pelatihan yang pertama kalinya diadakan oleh DPP PUI guna memberikan asupan bagi para anggota organisasi dengan harapan mampu berkontribusi dalam bidang teknologi sehingga dapat memajukan nama organisasi melalui berbagai media sosial,” ujar Iman yang juga memberi materi tentang Pentingnya Dakwah melalui Media.

Materi Pelatihan disampaikan Ketua Biro Media dan Komunikasi PW PUI Jabar yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Intisabi, Asep Syamsul M. Romli alias Kang Romel.

Di awal pelatihan, Kang Romel langsung meminta para peserta untuk menulis berita untuk dievalusi sebagai pre-test. Seluruh hasil naskah berita diperiksa langsung Kang Romel ke meja masing-masing, lalu dievaluasi dan dikoreksi.

Menurut Kang Romel, pedoman penulisan berita antara lain formula 5W+1H, Bahasa Jurnalistik, dan gaya Piramida Terbalik dengan mengedepankan unsur WHO dan/atau WHAT di awal alinea pertama.

"Rumus dasar menulis berita itu SIAPA melakukan APA, kapa, di mana, kenapa, dan bagaimana," jelasnya. Ia mengatakan, bahkan PD PUI yang tidak mengadakan kegiatan pun bisa menjadi berita. "Misalnya, PD PUI mana gitu... vakum karena apa..," ujarnya mencontohkan.*

Related

Pelatihan Jurnalistik 1090311203822949701

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

item