Nazar Haris Jadi Ketua Umum PUI Pusat

Puijabar.org — Sekretaris Jenderal Majelis Syuro Persatuan Ummat Islam (PUI) Nazar Haris terpilih sebagai Ketua Umum PUI menggantikan Nurhasan Zaidi dalam Muktamar PUI ke-13 di Palembang, Sumatera Selatan, 9-11 Januari 2015.

Sekitar 700 peserta Muktamar PUI yang ditutup Minggu (11/1) memilih Nazar untuk memimpin PUI periode 2014 – 2020, Raizal Arifin sebagai Ketua Pemuda PUI, dan Iroh Siti sebagai Ketua Wanita PUI dalam musyawarah mufakat.

“Saya akan menjalankan apa yang diamanatkan majelis syuro, yakni menjadikan PUI sebagai organisasi yang kokoh dan mandiri,” kata Nazar  seperti dikutip Antara.

Ia mengemukakan, akan mengawal PUI tetap berada di wilayah tengah mengingat organisasi itu mengusung semangat Islam moderat sejak awal pendiriannya pada 1911, yakni berupaya menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akhirat.

“PUI akan menjauhkan diri dari sikap ekstrim dan penindasan. PUI bukanlah organisasi politik tapi kadernya tidak buta politik,” ujar dia.

Ia menambahkan, terdapat sejumlah perbaikan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut berdasarkan evaluasi pada muktamar ini yang bertepatan dengan seabad usia organisasi.

Tiga fokus utama periode kepemimpinannya yakni membuat langkah strategis dalam memperbaiki sistem kaderisasi, sistem pendidikan calon pendakwah, dan sistem publikasi.

Menurutnya, organisasi Islam yang dirikan KH Abdul Halim (pahlawan nasional) akan lebih terbuka dan aktif dalam mempersatukan umat, baik di Indonesia maupun dunia.

“PUI ingin kembali ke makna dasar pendiriannya yakni mempersatukan umat, seperti nama dari PUI itu sendiri,” kata dia.

PUI merupakan ormas Islam yang berkembang pada mulanya di Jawa Barat, atau persisnya di Majalengka.

Seiring dengan perkembangan organisasi, PUI sudah memiliki kepengurusan di 20 provinsi, termasuk di kawasan Indonesia Timur dan Sulawesi.

Pada masa kepemimpinannya, Nazar menargetkan memiliki kader aktif mencapai seribu orang yang tersebar di seluruh Indonesia dalam upaya turut mencetak para pemimpin unggul bangsa.*

Written by puijabar

This article has 3 comments

  1. A. Jahidin Reply

    Selamat kepada KH. NAZAR HARIS menjadi ketum PUI pusat,semoga dapat membawa PUI menjadi organisasi yang besar,kompeten,solid,dan amanah yang mampu menjadi perekat umat islam

  2. Guntur Gumelar Reply

    salam sejahtera bagi kita semua.
    selamat kepada pak Nazar sebagai ketua PP PUI semoga selalu diberi kemudahan dalam melaksanakan kegiatan dan selalu diberi kesehatan, demi tercipta ummat yang bermartabat,
    mari kita semua berjuang seperti halnya leluhur kita KH. Ahmad Sanusi dan KH. Ahmad Dahlan.

  3. ade sumedi Reply

    Selamat kepada KH. NAZAR HARIS menjadi ketum PUI pusat, semoga bapak dapat mengemban amanat tsb dengan baik, JAYALAH PUI serta INTISAB DI DADA KITA SELAMANYA.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *