Amalan Sebelum Mati

foto by google Allahumma sholli alaa Muhammad wa alaa aali Muhammad. Karunia terbesar adalah istiqomah. Alhamdulillah kita mas...

foto by google

Allahumma sholli alaa Muhammad wa alaa aali Muhammad.

Karunia terbesar adalah istiqomah.
Alhamdulillah kita masih istiqomah dengan ibadah yang bisa kita laksanakan. Kematian sudah di depan mata dan pasti akan terjadi. Orang yang beriman tidak akan merasa takut dengan kematian. Cerdasnya orag yang beriman adalah, dia yang mampu mengolah hidupnya yang sesaat dan sekejap untuk hidup yang panjang. Hidup bukan untuk hidup, tetapi hidup untuk yang Maha Hidup. Hidup bukan untuk mati, tapi mati itulah untuk hidup. Kita jangan takut mati, jangan mencari mati, jangan lupakan mati, tapi rindukan mati. Karena, mati adalah pintu berjumpa dengan Allah SWT. Mati bukanlah akhir cerita dalam hidup, tapi mati adalah awal cerita sebenarnya, maka sambutlah kematian dengan penuh ketakwaan. Sebelum nafas kita di cabut laksanakanlah amal-amal berikut:
  1. Shalatlah Tahajud setiap malam karena kemuliaan seorang mukmin terletak pada shalat Tahajudnya. Allah akan angkat derajat orang-orang yang istiqomah dalam tahajud. Allah menyebutnya Maqoomammahmuuda derajat yang tinggi.
  2. Bacalah Al-Quran sebelum terbit matahari. Alangkah baiknya sebelum mata melihat dunia, sebaiknya mata membaca Al-Quran terlebih dahulu dengan penuh pemahaman. Kita jangan sibuk membaca Whatsapp dan Al-Quran di lupakan karena bacaan Al-Quran-lah yang akan menerangi kita di alam kubur.
  3. Jangan tinggalkan masjid, terutama di waktu sholat subuh. Biasakan sholat berjamaah di mesjid apalagi buat laki-laki. Sebelum melangkah kemana pun, langkahkanlah kaki kita ke masjid, karena masjid merupakan pusat keberkahan, bukan karena panggilan muadzin tetapi panggilan Allah yang memanggil orang beriman untuk memakmurkan masjid Allah, dan diantara orang yang akan menerima perlindungan teduhnya Arasy adalah orang yang hatinya cinta ke mesjid.
  4. Jaga Shalat Dhuha, karena kunci rezeki terletak pada sholat dhuha. Dalam doa Sholat dhuha kita meminta rizki dari langit diturunkan, rizki dari bumi di keluarkan, rizki yag jauh di dekatkan, rizki yang haram dihalalkan, rizki yang susah dimudahkan, rizki yang jauh di dekatkan.
  5. Jagalah sedekah setiap hari. Allah menyukai orang yang suka bersedekah, dan malaikat Allah selalu mendoakan kepada orang yang bersedekah setiap hari setelah bangun tidur, dengan bersedekah menarik rizki-rizki berikutnya.
  6. Menjaga wudhu, karena Allah menyayangi hamba yang berwudhu. Khalifah Ali bin Abi Thalib berkata, “Orang yang selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu sholat walau ia sedang tidak sholat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa, Ya Allah ampuni dosanya dan sayangi dia beserta keluarga.
  7. Amalkan istighfar setiap saat, karena dengan beristighfar masalah yang terjadi yang berhubungan dengan dosa akan dijauhkan oleh Allah dan Rasul tidak kurang dari 100x membaca istigfar setiap hari.
Semoga kita bisa mengamalkan ibadah harian di atas walau berat namun dengan keikhlasan dalam melaksanakanya akan terasa ringan. Semoga ibadah yang kita lalukan setiap hari ada dalam ridha Alloh SWT. Umi Kuksum.M.Ag (Sekretaris DPW Wanita PUI Jawa Barat)/(Zoom)

Related

Opini 1122577816959399255

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

item