Kebaikan dan Keburukan Adalah Ujian

Ilustrasi: By Google Oleh: Umi Kulsum.M.Ag. (Sekretaris DPW Wanita PUI Jabar) Allaahumma shalli alaa Muhammad wa alaa aali Muhammad....

Ilustrasi: By Google

Oleh: Umi Kulsum.M.Ag. (Sekretaris DPW Wanita PUI Jabar)


Allaahumma shalli alaa Muhammad wa alaa aali Muhammad.
Semua yang ada di dunia ini adalah ujian. Kekayaan kemiskinan adalah ujian. Kesedihan kebahagiaan adalah ujian. Penghargaan dan penghinaan adalah ujian. Sifat-sifat buruk yang ditampakan kepada kita adalah ujian begitupun sifat-sifat baik yang di perlihatkan kepada kita adalah ujian. Semua kebaikan dan semua keburukan yang ada di dunia ini ujian. Hidup dan mati adalah ujian. Kenapa Allah jadikan semuanya ujian? Agar Allah mengetahui siapa diantara kita yang khoiru amalaa (yang paling baik amalnya) Allah telah memberikan semua kakayaan dan perhiasan di dunia ini untuk kita pergunakan dengan sebaik-baiknya.

Firman Allah SWT:
"Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan bagi manusia, agar Kami menguji mereka siapakah diantara mereka yang terbaik perbuatannya" (QS. Al - Kahfi : 7)

Dan inilah nash yang memperkuat tema bahwa kebaikan dan keburukan adalah cobaan dan ujian. 

Firman Allah SWT :
"Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan". (QS. Al - Anbiya  : 35)

Begitu juga harta yang kita kumpul-kumpulkan selama ini, anak yang kita didik di sekolahkan dari mulai TK sd Perguruan Tinggi itu semua ujian dan cobaan. Karena, ada hikmah dibaliknya yaitu Allah akan memberikan pahala yang besar untuk kita.

Firman Allah SWT :
"Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah ada pahala yang besar". (QS. Al - Anfal : 28).

Allah akan selalu memberikan petunjuk atau hidayah kepada siapapun yang Allah kehendaki kecuali bagi orang yang fasik, yaitu orang yang kufur setelah beriman.

Firman Alloh swt :
"Katakanlah, "jika bapak-bapakmu, anak -anakmu, saudara - saudaramu, isteri - isterimu, keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perdagangan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul- Nya serta berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah memberikan keputusann-Nya". Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik". (QS. At - Taubah : 24)

Orang-orang yang taat dan taqwa ujianya akan lebih berat karena Allah tau bahwa Allah akan mengangkat derajat baik derajat di hadapan Allah ataupun di hadapan manusia. Untuk itu bersabar dan bersyukur ketika menghadapi ujian, cobaan, musibah dan penghinaan. Dengan sabar, syukur dan bertawakkal hidup ini akan terasa indah dan bermakna. Semoga siapapun yang sedang di uji dan  di coba dengan musibah dengan hal-hal yang tidak mengenakan semoga Allah berikan jalan keluar yang terbaik jalan keluar sesuai dengan apa yang kita harapkan. Selalu berbaik sangka, selalu melakukan hal-hal yang terbaik. Jadikan hidup ini bermanfaat bagi orang banyak. (Zoom)

Related

Opini 661096514920353089

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

item