Penyayang Akan Disayang

Ilustrasi By Google Oleh: Umi Kulsum.M.Ag. (Sekretaris DPW Wanita PUI Jawa Barat) Allahmma shalli alaa Muhammad wa alaa aali Muhammad...

Ilustrasi By Google

Oleh: Umi Kulsum.M.Ag. (Sekretaris DPW Wanita PUI Jawa Barat)

Allahmma shalli alaa Muhammad wa alaa aali Muhammad

Saling menyayangi itu dapat pahala, saling menyayangi itu menyenangkan, saling menyayangi itu banyak sahabat, saling menyayangi itu banyak rizki, saling menyayangi itu banyak berkah, saling menyayangi itu indah.
Marilah kita saling menyayangi saling menolong saling membantu saling bertukar ilmu bertukar pikiran saling bertukar harta saling bersedekah. Hikmah dari saling menyayangi ini akan di sayangi Allah dan akan di sayangi sesama manusia. Allah Berfirman,

وَعِبَادُ الرَّحْمَنِ الَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى الْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ الْجَاهِلُونَ قَالُوا سَلَامًا
“Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu ialah orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik". (QS. Al Furqon: 63)

Seorang muslim hendaknya memiliki sifat kasih sayang dan menjahui perangai yang buruk yaitu sifat saling membenci diantara kaum muslimin, dan hendaknya ia senantiasa menumbuhkan sifat kasih sayang di segala aspek kehidupanya. Allah mensifati Nabi dan para sahabatnya adalah orang yang memiliki sifat rahmah (kasih sayang) kepada sesama bahkan kepada yang membenci. Allah berfirman: 

محَمَّدٌ رَّسُولُ اللَّهِ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاء عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاء بَيْنَهُمْ
“Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka".  (Q.S; Al Fath:48)

Dijelaskan bahwa “Makna, {رُحَمَاء بَيْنَهُمْ}. Mereka adalah orang yang saling mencintai karena Allah dan saling berkasih sayang karena Allah saling berlemah lembut seakan-akan mereka satu tubuh, mereka mencitai untuk saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya, inilah mu’amalah mereka terhadap manusia.” Rasulullah SAW bersabda: 

مَنْ لَا يَرْحَمْ النَّاسَ لَا يَرْحَمْهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ
"Barang siapa tidak menyayangi manusia, maka Allah tidak akan menyayanginya. (HR.Muslim)
Abu Hurairah berkata:

أَنَّ الْأَقْرَعَ بْنَ حَابِسٍ أَبْصَرَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُقَبِّلُ الْحَسَنَ فَقَالَ إِنَّ لِي عَشْرَةً مِنْ الْوَلَدِ مَا قَبَّلْتُ وَاحِدًا مِنْهُمْ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : (( إِنَّهُ مَنْ لَا يَرْحَمْ لَا يُرْحَمْ)) (رواه مسلم)

"Bahwa Aqra’ bin Habis pernah melihat Nabi sedang mencium Hasan. Dia (Aqra’)lalu berkata: Sesungguhnya aku mempunyai 10 orang anak namun aku tidak pernah mencium satupun dari mereka. 

Kemudian Rasulullah bersabda:
“Sesungguhnya barang siapa yang tidak menyayangi maka dia tidak akan disayangi. (HR.Muslim)

Rasulullah bersabda:

مَنْ لَا يَرْحَمْ النَّاسَ لَا يَرْحَمْهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ
“Orang yang tidak menyayangi manusia tidak akan disayangi Allah. (HR Muslim, 2319)

Rasulullah SAW, bersabda: 

وَإِنَّمَا يَرْحَمُ اللهُ مِنْ عِبَادِهِ الرُّحَمَاءَ
"Hanyalah yang Allah rahmati dari hamba-hambaNya adalah orang-orang yang penyayang. (HR. Al-Bukhari Muslim).

Nabi bersabda,

الرَّاحِمُونَ يَرْحَمُهُمْ الرَّحْمَنُ ارْحَمُوا مَنْ فِي الْأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِي السَّمَاءِ
“Orang-orang yang penyayang itu akan disayang oleh dzat yang Maha Penyayang. Hendaklah kalian sayangi orang yang berada di bumi, maka kalian akan disayangi oleh Dzat yg di atas langit. (HR Tirmidzi, 1924;)

Dan datangnya kenikmatan datangnya rizki dan jauhnya bahaya dan bencana adalah dari kasih sayang Allah. Karena itu apabila kita ingin bertambahnya kasih sayang Allah, hendaknya mencari sebab-sebab untuk mendapatkan kasih sayang Allah. Sebab-sebab itu terkumpul dalam firman Allah:

إِنَّ رَحْمَتَ اللهِ قَرِيبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِينَ
“Sesungguhnya kasih sayang Allah itu dekat dengan orang-orang yang berbuat baik". (Q.S Al-A’raf :56)

Betapa besarnya keberuntungan orang yang penyayang. Walau jauh kita tetap saling menyayangi saling menyebut nama saling mengasihi saling merindukan dan jika kita dapat rizki yang banyak maka ingatlah kepada orang yang kita sayangi, walau jauh kita tetap saling mendoakan saling mengingat-ingat kebaikan-kebaikan orang yang pernah berbuat baik kepada kita. Sayangi orang yang membenci. Semoga Allah jadikan kita orang-orang yang penyayang sehingga mendapatkan kasih sayang Allah dan Rosul-NYA. Muliakan orang-orang yang kita sayangi dan orang-orang yang saling menyayangi. (Zoom)

Related

Opini 8013185554297197546

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

item