Kesempurnaan Manusia

Ilustrasi By Google Oleh: Umi Kulsum.M.Ag. (Sekretaris DPW Wanita PUI Jawa Barat) Allaahumma shalli alaa Muhammad wa alaa aali Muham...


Ilustrasi By Google
Oleh: Umi Kulsum.M.Ag. (Sekretaris DPW Wanita PUI Jawa Barat)


Allaahumma shalli alaa Muhammad wa alaa aali Muhammad.

Manusia adalah mahluk yang sangat sempurna. Allah sudah memberikan kehebatan kepada manusia yaitu akal yang sehat, sehingga dengan akalnya manusia bisa berpikir, tapi terkadang manusia takut dengan celaan, takut dengan kemiskinan dan kebangkrutan.

Hidup adalah sebuah tantangan dan menjalaninya adalah sebuah perjuangan. Semakin kita takut akan celaan manusia karena menegakan kebenaran dan melakukan kebaikan, maka kita akan selamanya terpenjara oleh rasa itu. Beramalah, tak usah hiraukan mulut para pencaci maki, keterangan mengatakan: 

واعلم أن أكثر الناس إنما هلكوا لخوف مذمة الناس وحب مدحهم

"Ketahuilah, bahwa kebanyakan manusia, mereka itu binasa karena takut celaan manusia dan manusia senang atas pujian mereka".

Imam Syafi'i berkata: Kehebatan seseorang terdapat pada tiga perkara:

  1. Kemampuan menyembunyikan kemelaratan, sehingga orang lain menyangka kita berkecukupan karena karena tidak pernah meminta.
  2. Kemampuan menyembunyikan amarah, sehingga orang mengira kita merasa ridha tidak pemarah.
  3. Kemampuan menyembunyikan kesusahan, sehingga orang lain mengira kita selalu senang padahal yang kita rasakan menderita.

Pergunakan akal sehat yang di bingkai dengan iman dan islam, agar hidup selalu terarah menuju mardhatillah. Semoga apa yang kita lakukan dulu sekarang dan yang akan datang akan selalu mendapatkan kasih sayang Allah. Semoga kita termasuk orang-orang yang bertaqwa. (Zoom)

Related

Opini 4224533409170634464

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

item