Hidup akan Selalu Penuh Dengan Masalah

Oleh: Umi Kulsum.M.Ag.(Sekretaris DPW Wanita PUI Jabar) الّلهُمَّ صَلّ   عَلَى سَيِّدِنَا    مُحَمَّدٍ وَعَلَىِ آلِهِ وَصَحْبِهِ  أَجْ...

Oleh: Umi Kulsum.M.Ag.(Sekretaris DPW Wanita PUI Jabar)


الّلهُمَّ صَلّ   عَلَى سَيِّدِنَا    مُحَمَّدٍ وَعَلَىِ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعْيْنَ

Alhamdulillah sudah di akhir pekan bulan Muharam dan bulan September. Pasti semua jemaah ada yang sedang di uji dengan banyak masalah. Hidup adalah ujian. Dan Hidup di dunia ini tak henti-hentinya dihadapkan dengan berbagi macam masalah. Hidup di dunia ini pasti akan banyak masalah. Sudah selesai masalah maka akan datang lagi masalah baru terus saja akan datang masalah dengan silih berganti. Jadikan masalah sebagai ujian untuk naik derajat. Masalah itu adalah bagian dari kasih sayang Allah Swt, karunia Allah Swt. bukan bagian dari musibah. 

Masalah menjadi musibah jikalau kita salah menyikapinya.Seperti ujian di sekolah, ujian tersebut adalah karunia karena ujian akan menjadi kesempatan untuk bisa naik kelas. Justru murid yang tidak ikut ujian bisa dianggap tidak sekolah. Dan, seseorang yang tidak lulus itu bukan disebabkan soal-soal dalam ujiannya, akan tetapi disebabkan dia salah menjawab soal-soal ujian. Dia salah mengisi sama dengan salah  menyikapi persoalannya .Begitulah gambaran masalah yang kita temui dalam hidup kita di dunia. Jadi, tidak perlu khawatir menghadapi masalah, karena Allah Swt. lebih tahu cara menyelesaikan masalah tersebut. 

Salah satu kesalahan yang dilakukan banyak orang adalah ketika menghadapi masalah dia sibuk menyalahkan orang lain, sibuk hanya mengandalkan pikiran sendiri, pengalaman sendiri, tenaga sendiri atau mengandalkan pertolongan orang lain bukan tidak boleh semua itu, tapi jika semua itu ditempuh tanpa mendapat bimbingan dan izin Allah Swt. maka semuanya tidak akan berarti apa-apa. 

Masalah sebesar apapun jika Allah Swt. menolong, maka akan menjadi sangat ringan dan mudah. Sedangkan urusan remeh sekalipun, jika Allah Swt. tidak menolong, maka akan menjadi terasa sangat besar berat dan sulit. Semakin kita sabar dengan masalah, maka Allah Swt. akan semakin suka dan akan selalu menolong. Sabar ketika ditimpa masalah akan menghapus dosa-dosa dan  derajat kita akan diangkat oleh Allah Swt.

Dalam hidup, jika kita meminta jalan keluar kepada Allah Swt. atas masalah yang kita hadapi, niscaya Allah Swt. akan memberikanya. Salah satu doa Rasul Saw. Ketika banyak masalah adalah, 
“Wahai Dzat Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri dengan sendiri-Nya, dengan rahmat-Mu aku mohon pertolongan. Perbaikilah urusanku seluruhnya, berikan jalan keluar dari masalah yang sedang kami hadapi".
Insha Allah, Allah Swt. selalu menolong kita dan memberikan jalan keluar dari setiap masalah. Semoga siapapun yang sedang di uji dengan masalah Allah Swt. berikan ketenangan ketentraman kesabaran dan dilancarakan disukseskan dari segala urusanya. (Zoom Adhie)

Related

Talim Ishlah 4646568361227294563

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

item