Perasaan Merasa Berdosa (Bagian Keempat)

Oleh: H. Eka Hardiana EMBUN PAGI GENERASI SAHABAT KHAWATIR KEBAIKAN MEREKA TIDAK DITERIMA ALLAH Ada aspek lain yang amat diperhat...

Oleh: H. Eka Hardiana
EMBUN PAGI

GENERASI SAHABAT KHAWATIR KEBAIKAN MEREKA TIDAK DITERIMA ALLAH

Ada aspek lain yang amat diperhatikan generasi pertama Islam dan jarang di antara kita yang sampai pada tahap ini, yaitu khawatir kebaikan mereka tidak diterima.

Tentang generasi Tabi'in, salah seorang dari mereka, Imam Al-Hasan Al-Bashri, berkata, "Aku pernah berjumpa dengan orang-orang yang lebih menghindari dari hal-hal yang dihalalkan Allah daripada upaya kalian menghindari hal-hal yang diharamkan Allah. Aku juga pernah bertemu orang-orang yang lebih takut kebaikan-kebaikan mereka tidak diterima Allah daripada ketakutan mereka kepada kesalahan-kesalahan mereka."
[Shifatu Ash-Shafwah, Jilid III, hal 227].

Itulah generasi terbaik yang tidak akan pernah ada lagi untuk kedua kalinya.

Mereka tidak seperti kita, yang hanya shalat malam beberapa rakaat dan berinfak dengan beberapa keping uang recehan, lalu mengira sudah berbuat banyak!

(Bersambung)

[Dinukil dari Kitab Waahatu Al-Iman, syekh Abdul Hamid Al-Bilali, edisi Indonesia: Buku Taujih Ruhiyah Pesan-Pesan Spiritual Penjernih Hati, jilid 1]

Pamoyanan, 30 Rajab 1441 H/25 Maret 2020 M (Zoom)

Related

Talim Islah 2556595507655632186

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

item