Perasaan Merasa Berdosa (Bagian Pertama)

H. Eka Hardiana EMBUN PAGI Oleh: H. Eka Hardiana INDUK KEMAKSIATAN Imam Ibnu Al-Qayyim rahimahullah berkata,"Induk semu...

H. Eka Hardiana
EMBUN PAGI
Oleh: H. Eka Hardiana

INDUK KEMAKSIATAN

Imam Ibnu Al-Qayyim rahimahullah berkata,"Induk semua kemaksiatan, bagi yang kecil maupun besar, ada tiga. Pertama, keterikatan hati dengan selain Allah, yang tidak lain adalah syirik. Kedua, menuruti dorongan emosi, yaitu zhalim. Ketiga, menuruti kekuatan syahwat, yang tidak lain adalah berzina."

Target akhir keterikatan hati dengan selain Allah Ta'ala ialah syirik dan mengklaim ada tuhan baru selain Allah Ta'ala.

Target akhir menuruti dorongan emosi adalah membunuh.

Dan target akhir menuruti kekuatan syahwat ialah zina

Ketiga hal itu disebutkan Allah Ta'ala secara bersamaan di ayat berikut,

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَا لَّذِيْنَ لَا يَدْعُوْنَ مَعَ اللّٰهِ اِلٰهًا اٰخَرَ وَلَا يَقْتُلُوْنَ النَّفْسَ الَّتِيْ حَرَّمَ اللّٰهُ اِلَّا بِا لْحَـقِّ وَلَا يَزْنُوْنَ ۚ وَمَنْ يَّفْعَلْ ذٰلِكَ يَلْقَ اَثَا مًا

"dan orang-orang yang tidak menyekutukan Allah dengan sembahan lain dan tidak membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina; dan barang siapa melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat hukuman yang berat,"
(QS. Al-Furqan [25]: Ayat 68)
[Al-Fawaid, hal. 106]

Ketiga induk kemaksiatan tersebut punya banyak cabang, yang tidak diketahui mayoritas manusia dan mereka tidak menyadari itu dosa yang wajib ditinggalkan.

Di antara manusia ada orang yang perasaannya terhadap dosa telah mati, bahkan terhadap dosa-dosa besar sekalipun. Ia sama sekali tidak menganggap dosa besar sebagai dosa besar.

Itulah hati yang telah ditutup dengan sumbatan. Akibatnya, hati tidak punya nurani dan perasaannya mati, hingga tidak tidak dapat merasakan apa-apa.

(Bersambung)

[Dinukil dari Kitab Waahatu Al-Iman, syekh Abdul Hamid Al-Bilali, edisi Indonesia: Buku Taujih Ruhiyah Pesan-Pesan Spiritual Penjernih Hati, jilid 1]

Pamoyanan, 27 Rajab 1441 H/22 Maret 2020 M (Zoom)

Related

Talim Islah. Majlisul Ilmi 9177392213585836560

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

item