Sudah Sepuh Belum Banyak Ibadah, Perbaiki Amalan di Sisa Umur

Embun Pagi Oleh: H. Eka Hardiana Nasihat yang mendalam dari salafush-shalih Imam Fudhail bin 'Iyaadh rahimahullah: “Perba...

Embun Pagi
Oleh: H. Eka Hardiana


Nasihat yang mendalam dari salafush-shalih Imam Fudhail bin 'Iyaadh rahimahullah:

“Perbaiki sisa usia karena dengannya Allah subhanallahu wa ta’ala mengampuni masa lalu. Namun jika sisa usia dilalui dengan keburukan berarti Anda telah mencabut kebaikan masa lalu dan usia tersisa.”

Imam Fudhail bin ‘Iyaadh pernah menasehati seseorang lelaki, beliau berkata: “Berapa tahun usiamu (sekarang)”? Lelaki itu menjawab: Enam puluh tahun. Fudhail berkata: “(Berarti) sejak enam puluh tahun (yang lalu) kamu menempuh perjalanan menuju Allah dan (mungkin saja) kamu hampir sampai”.

Lelaki itu menjawab: Sesungguhnya kita ini milik Allah dan akan kembali kepada-Nya. 

Maka Fudhail berkata: “Apakah kamu paham arti ucapanmu? Kamu berkata: Aku (hamba) milik Allah dan akan kembali kepada-Nya, barangsiapa yang menyadari bahwa dia adalah hamba milik Allah dan akan kembali kepada-Nya, maka hendaknya dia mengetahui bahwa dia akan berdiri (di hadapan-Nya pada hari kiamat nanti), dan barangsiapa yang mengetahui bahwa dia akan berdiri (di hadapan-Nya) maka hendaknya dia mengetahui bahwa dia akan dimintai pertanggungjawaban (atas perbuatannya selama di dunia), dan barangsiapa yang mengetahui bahwa dia akan dimintai pertanggungjawaban (atas perbuatannya) maka hendaknya dia mempersiapkan jawabannya.” 

Maka lelaki itu bertanya: (Kalau demikian) bagaimana caranya (untuk menyelamatkan diri ketika itu)? 

Fudhail menjawab: “(Caranya) mudah.” 

Lelaki itu bertanya lagi: Apa itu? 

Fudhail berkata: “Engkau memperbaiki (diri) pada sisa umurmu (yang masih ada), maka Allah akan mengampuni (perbuatan dosamu) di masa lalu, karena jika kamu (tetap) berbuat buruk pada sisa umurmu (yang masih ada), kamu akan di siksa (pada hari kiamat) karena (perbuatan dosamu) di masa lalu dan pada sisa umurmu.” 

(Dinukil oleh Imam Ibnu Rajab dalam kitab Jaami’ul ‘Uluumi Wal Hikam, hal. 464)
(GWA: Zoom)

Related

Talim Ishlah 3937388371849670388

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

item